front

Study Program Objectives:

  1. To produce graduates who are professional, scientific and ethical Pathologists who are experts in Anatomic Pathology and are responsible in their fields.
  2. To produce graduates who are specialists in Anatomic Pathology who are capable of diagnosing Anatomic Pathology based on Histopathology, Cytology and Autopsy technology as a community service role.
  3. To create academics and doctors who are experts in Anatomic Pathology who are able to develop Anatomic Pathology Sciences through continuous education, research and community service.
  4. Take an active role as an Anatomic Pathologist with managerial skills in managing private community service laboratories and hospitals as well as diagnostic centers.

Targets are measurable targets, achievement strategies, and implementation capabilities.

Sasaran

Strategi

Kegiatan

Indikator

Target

2016

2017

2018

2019

2020

2021

1.   Mendapat akreditasi A oleh LAMPT Kes

-    Penyusunan dan penyiapan Borang Akreditasi

-   Menyusun, menyiapkan dan melengkapi dokumen pendukung Borang Akreditasi dengan baik dan tidak hanya pada saat akan akreditasi

-   Konsultasi dengan ascessor , dosen dan guru besar dalam penyusunan borang akreditasi

Akreditasi

A

A

A

A

A

A

2.   Indeks Prestasi Kumulatif (IPK)

-    Meningkatkan kualitas proses penilaian melalui standardisasi penilaian

-    meng-up-grade bahan ajar bagi setiap dosen.

-   Mengikutsertakan nilai kuis/tugas (20%), UTS (30%), UAS (50%) sebagai komponen penilaian.

Persentase IPK >3,00(%)

3,5

3,70

3,75

3,80

3,85

3.85

 

Dise suaikan dengan standar 3

         

-    Meningkatkan kualitas proses belajar mengajar

-   Membuat Buku Modul yang berisi tugas dan kegiatan peserta didik per semesternya.

-   Membuat tugas-tugas ilmiah dan dipresentasikan dalam forum ilmiah di Departemen.

-    Persentase peserta didik dalam memahami setiap modul.

-    Persentase tulisan ilmiah yangdipublikasi kan di nasional dan internasional

100%

25%

100%

35%

100%

45%

100%

55%

100%

60%

100%

70%

3.   Sistem rekrutmen mahasiswa baru

4.Kurikulum

4.   Penelitian

-    Perbaikan sistem rekrutmen mahasiswa baru untuk mendapatkan mahasiswa baru yang berkualitas

-    Tersusun dan terselenggaranya kurikulum berdasarkan standar nasional perguruan tinggi yang dinamis

-    Menjadi sentra penelitian penyakit tropis dan oncology untuk pengembangan ilmu patologi anatomik

-    Sosialisasi dan promosi Program Studi Spesialis Patologi Anatomik   melalui leaflet, spanduk

-    Mengadakan ujian seleksi masuk mahasiswa baru

-    Revisi kurikulum yang reguler 2 tahun sekali dan memenuhi relevansi pendidikan program studi patologi anatomik terkini

-    Menerima masukan dari stake holder dalam bentuk penyebaran kuisioner yang dilakukan setiap tahun

Meningkatkan jumlah dan mutu penelitian

-meningkatkan publikasi ilmiah pada tingkat nasional

-    Passing grade ujian seleksi masuk

-   Kualitas kurikulum diukur berdasarkan outcome pendidikan berupa pengakuan kompetensi oleh Kolegium Patologi anatomik Indonesia (IAPI)

-   Berita acara pertemuan berkala pembahasan kurikulum

 

Presentase penelitian tingkat  lokal dan nasional

75

Penyusunan kuriku lum berda sarkan KKNI

3 rumah sakit

3

75

Pene rapan kuri kulum KKNI 80%

5 rumah sakit

5

80

Penerapan kuriku lum KKNI 90%

5 rumah sakit dan 2 lab swasta

7

80

Pene rapan kuri kulum KKNI 100%

5 rumah sakit, 2 lab swas ta dan 2 praktek swasta

10

85

Penerap an kurikulum KKNI 100%

5 rs, 2 lab swas ta, 4 praktek swas ta

12

85

Penerapan kuriku lum KKNI 100%

5 rumah sakit, 2 lab swasta dan 6 prak tek swasta

14

5.  Proses perkuliahan dan kinerja dosen

-    Melengkapi sarana dan prasarana yang terkait dengan proses pembelajaran

-    Melengkapi peralatan perkuliahan ( LCD proyektor, PCR tube,Bahan PCR (antibody), dan mikroskop yang menunjang proses pembelajaran

Projector , LCD proyektor , PCR tube, Bahan PCR (antibody), dan Mikroskop

Lengkap

Leng kap

Leng kap

Lengkap

Leng kap

Leng kap

-    Monev perkuliahan

-    Monitoring dan evaluasi perkuliahan setiap akhir semester

Kesesuaian kehadiran dosen dengan jadwal

80%

85%

90%

95%

100%

100%

-    Penilaian kinerja dosen oleh mahasiswa melalui kuisioner pada setiap akhir semester

Kuisioner

1x per semes ter

1x per semester

1x per semester

1x per se mes ter

1x per semester

1x per semester

-    Penyelenggaraan Evaluasi Modul

-    Evaluasi Tahap Nasional     (Tahap I-III)

Persentase kelulusan

Persentase kelulusan

100%

100%

100%

100%

100%

100%

100%

100%

100%

100%

100%

100%

6.       SDM

-    Meningkatkan dan mengembangkan kualitas dosen dan tenaga kependidikan secara berkala dan berkesinambung an (dipisahkan dosen dan tenaga kepegawaian)

-          Memfasilitasi dosen untuk meng-up-grade pengetahuannya melalui keikutsertaan dalam kegiatan ilmiah dan keorganisasian profesi

-    Kehadiran dosen tamu/ahli/ praktisi

 14x

14x

14x

14x

14x

14x

-          Memfasilitasi dosen untuk meningkatkan jabatan fungsional lektor kepala

-    jumlah dosen yang berpangkat lektor kepala

2

3

4

5

6

7

-          Memfasilitasi dosen untuk meng-up-grade kemampuan bahasa asing

Pembiayaan

100%

100%

100%

100%

100%

100%

-          Memberikan pelatihan  kepada tenaga kependidikan, laboran baik tentang sistem informasi akademik, kearsipan, dll

Pelatihan per tahun

6x

10x

15x

20x

20x

20x

 

-       Meningkatkan jenjang pendidikan dosen

-          Memfasilitasi bantuan beasiswa dari dalam dan luar negri

-          Meningkatkan kerja sama dengan  universitas lain di luar negeri

- Jumlah dosen berpendi dikan S3

1

2

3

4

5

6

7.   Sistem penjaminan mutu internal

-    Membuat pusat data akademik

-    Mengkompilasi dan meng-up-date dokumen pendukung untuk pengisian borang Akreditasi.

-    Membuat manual prosedur segala aktivitas manajemen yang dilaksanakan

Membuat manual prosedur seluruh kegiatan

70%

80%

100%

100%

100%

100%

8.   Sistem manajemen 

Meningkatkan kualitas sistem manajemen  melalui sentralisasi kebijakan dan desentralisasi pelaksanaan

-    Pelaksanaan di tingkat Departemen mengacu kepada Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) Departemen

-    Mensosialisasikan dan menerapkan manual prosedur dalam setiap kegiatan

Tiap kegiatan memiliki manual prosedur

70%

80%

100%

100%

100%

100%

9.   Sistem pembiayaan

10.    Peningkatan penulisan karya ilmiah

-    Meningkatkan kualitas  pembiayaan melalui efisiensi, transparansi dan akuntabilitas anggaran

-    Membuat workshop secara berkala

-    Penelitian Payung

-    Road Map Penelitian

-    Kerjasama Riset

-    Penggunaan anggaran sesuai dengan perencanaan dan dilaporkan secara berkala dan akuntabel.

-Membuat jadwal workshop secara berkala

-Mensosialisasikan tentang penelitian payung terhadap peserta PPDS

-Menyusun Road Map Penelitian

Membuat MOU kerjasama riset dengan pihak lain

Anggaran berimbang

Produktivitas publikasi jurnal internasional dan nasional

Sudah berjalan

3 jurnal

Su dah berja lan

4 jurnal

Sudah berjalan

5 jurnal

Su dah berja lan

6 jurnal

Sudah berja lan

7 jurnal

Sudah ber     jalan

8 jurnal

11. Pengabdian masyarakat

-    Sosialisasi dan Promosi

-    Melaksanakan pengabdian masyarakat secara berkesinambu ngan

-         Membuat jadwal sosialisasi kegiatan

-         Menyusun kalender

-    Terlak sananya kegiatan pengab dian masyara kat secara rutin.

-    Terjalinnya  Kerjasama (MOU) dengan pihak luar / swasta dalam kegiatan pengabdian masya rakat.

2  kegiatan

3 kegiat an

4 kegiatan

5 kegiatan

6 kegiatan

7 kegiatan

VM

Vision & Mission

Vision

To become an excellent Anatomical Pathology study program in the fields of tropical medicine (Tropical Medicine) and malignant diseases (Oncology) in Indonesia in 2021.

Mision:

  • Organizing a specialist education of Anatomical Pathology based on molecular biology and Histopathology, Cytology and Autopsy technology, especially in tropical diseases and oncology.
  • Conducting research, especially in the field of tropical medicine and malignant disease (oncology) in the development of pathology.
  • Carry out community services in the field of Anatomical Pathology for the benefit of the community with managerial skills based on professional ethical values.

Study Program Objectives:

  • To produce graduates who are professional, scientific and ethical Pathology experts who are responsible in their fields
  • To produce graduates who are specialists in Anatomical Pathology which capable to diagnosed based on Histopathology, Cytology, and Autopsy technology as a community service role.
  • To create academics and doctors who are experts in Anatomical Pathology who are able to develop Anatomic Pathology Sciences through continuous education, research and community service.
  • Have an active role as an Anatomical Pathologist with managerial skills in managing private community service laboratories and hospitals as well as diagnostic centers.

 

NO. UNIVERSITY DATE OF ESTABLISHMENT/ENDORSEMENT DIKTI* IN THE PROPOSAL SINCE THE YEAR *

1.

USU

November 21, 1981

 

SK MINISTER OF EDUCATION AND CULTURE OF THE REPUBLIC OF INDONESIA NO. 0397/U/1991

 

About : Specialist Doctor Education Program I in Anatomical Pathology, Clinical Pathology and Orthopedic Surgery

 

 

The USU Faculty of Medicine organizes the Sp-1 Program, one of which is the Anatomical Pathology Specialist Education Program.

The Anatomical Pathology Specialist Education Program consists of 7 (seven) semesters and 3 (three) National Examination Stages organized by the Collegium of Anatomic Pathology in addition to exams in each semester. 



  

Page 6 of 6