- Read Time: 1 min
Study Program Objectives:
- To produce graduates who are professional, scientific and ethical Pathologists who are experts in Anatomic Pathology and are responsible in their fields.
- To produce graduates who are specialists in Anatomic Pathology who are capable of diagnosing Anatomic Pathology based on Histopathology, Cytology and Autopsy technology as a community service role.
- To create academics and doctors who are experts in Anatomic Pathology who are able to develop Anatomic Pathology Sciences through continuous education, research and community service.
- Take an active role as an Anatomic Pathologist with managerial skills in managing private community service laboratories and hospitals as well as diagnostic centers.
Targets are measurable targets, achievement strategies, and implementation capabilities.
Sasaran |
Strategi |
Kegiatan |
Indikator |
Target |
|||||
2016 |
2017 |
2018 |
2019 |
2020 |
2021 |
||||
1. Mendapat akreditasi A oleh LAMPT Kes |
- Penyusunan dan penyiapan Borang Akreditasi |
- Menyusun, menyiapkan dan melengkapi dokumen pendukung Borang Akreditasi dengan baik dan tidak hanya pada saat akan akreditasi - Konsultasi dengan ascessor , dosen dan guru besar dalam penyusunan borang akreditasi |
Akreditasi |
A |
A |
A |
A |
A |
A |
2. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) |
- Meningkatkan kualitas proses penilaian melalui standardisasi penilaian |
- meng-up-grade bahan ajar bagi setiap dosen. - Mengikutsertakan nilai kuis/tugas (20%), UTS (30%), UAS (50%) sebagai komponen penilaian. |
Persentase IPK >3,00(%) |
3,5 |
3,70 |
3,75 |
3,80 |
3,85 |
3.85 |
Dise suaikan dengan standar 3 |
|||||||||
- Meningkatkan kualitas proses belajar mengajar |
- Membuat Buku Modul yang berisi tugas dan kegiatan peserta didik per semesternya. - Membuat tugas-tugas ilmiah dan dipresentasikan dalam forum ilmiah di Departemen. |
- Persentase peserta didik dalam memahami setiap modul. - Persentase tulisan ilmiah yangdipublikasi kan di nasional dan internasional |
100% 25% |
100% 35% |
100% 45% |
100% 55% |
100% 60% |
100% 70% |
|
3. Sistem rekrutmen mahasiswa baru 4.Kurikulum 4. Penelitian |
- Perbaikan sistem rekrutmen mahasiswa baru untuk mendapatkan mahasiswa baru yang berkualitas - Tersusun dan terselenggaranya kurikulum berdasarkan standar nasional perguruan tinggi yang dinamis - Menjadi sentra penelitian penyakit tropis dan oncology untuk pengembangan ilmu patologi anatomik |
- Sosialisasi dan promosi Program Studi Spesialis Patologi Anatomik melalui leaflet, spanduk - Mengadakan ujian seleksi masuk mahasiswa baru - Revisi kurikulum yang reguler 2 tahun sekali dan memenuhi relevansi pendidikan program studi patologi anatomik terkini - Menerima masukan dari stake holder dalam bentuk penyebaran kuisioner yang dilakukan setiap tahun Meningkatkan jumlah dan mutu penelitian -meningkatkan publikasi ilmiah pada tingkat nasional |
- Passing grade ujian seleksi masuk - Kualitas kurikulum diukur berdasarkan outcome pendidikan berupa pengakuan kompetensi oleh Kolegium Patologi anatomik Indonesia (IAPI) - Berita acara pertemuan berkala pembahasan kurikulum
Presentase penelitian tingkat lokal dan nasional |
75 Penyusunan kuriku lum berda sarkan KKNI 3 rumah sakit 3 |
75 Pene rapan kuri kulum KKNI 80% 5 rumah sakit 5 |
80 Penerapan kuriku lum KKNI 90% 5 rumah sakit dan 2 lab swasta 7 |
80 Pene rapan kuri kulum KKNI 100% 5 rumah sakit, 2 lab swas ta dan 2 praktek swasta 10 |
85 Penerap an kurikulum KKNI 100% 5 rs, 2 lab swas ta, 4 praktek swas ta 12 |
85 Penerapan kuriku lum KKNI 100% 5 rumah sakit, 2 lab swasta dan 6 prak tek swasta 14 |
5. Proses perkuliahan dan kinerja dosen |
- Melengkapi sarana dan prasarana yang terkait dengan proses pembelajaran |
- Melengkapi peralatan perkuliahan ( LCD proyektor, PCR tube,Bahan PCR (antibody), dan mikroskop yang menunjang proses pembelajaran |
Projector , LCD proyektor , PCR tube, Bahan PCR (antibody), dan Mikroskop |
Lengkap |
Leng kap |
Leng kap |
Lengkap |
Leng kap |
Leng kap |
- Monev perkuliahan |
- Monitoring dan evaluasi perkuliahan setiap akhir semester |
Kesesuaian kehadiran dosen dengan jadwal |
80% |
85% |
90% |
95% |
100% |
100% |
|
- Penilaian kinerja dosen oleh mahasiswa melalui kuisioner pada setiap akhir semester |
Kuisioner |
1x per semes ter |
1x per semester |
1x per semester |
1x per se mes ter |
1x per semester |
1x per semester |
||
- Penyelenggaraan Evaluasi Modul - Evaluasi Tahap Nasional (Tahap I-III) |
Persentase kelulusan Persentase kelulusan |
100% 100% |
100% 100% |
100% 100% |
100% 100% |
100% 100% |
100% 100% |
||
6. SDM |
- Meningkatkan dan mengembangkan kualitas dosen dan tenaga kependidikan secara berkala dan berkesinambung an (dipisahkan dosen dan tenaga kepegawaian) |
- Memfasilitasi dosen untuk meng-up-grade pengetahuannya melalui keikutsertaan dalam kegiatan ilmiah dan keorganisasian profesi |
- Kehadiran dosen tamu/ahli/ praktisi |
14x |
14x |
14x |
14x |
14x |
14x |
- Memfasilitasi dosen untuk meningkatkan jabatan fungsional lektor kepala |
- jumlah dosen yang berpangkat lektor kepala |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
||
- Memfasilitasi dosen untuk meng-up-grade kemampuan bahasa asing |
Pembiayaan |
100% |
100% |
100% |
100% |
100% |
100% |
||
- Memberikan pelatihan kepada tenaga kependidikan, laboran baik tentang sistem informasi akademik, kearsipan, dll |
Pelatihan per tahun |
6x |
10x |
15x |
20x |
20x |
20x |
||
- Meningkatkan jenjang pendidikan dosen |
- Memfasilitasi bantuan beasiswa dari dalam dan luar negri - Meningkatkan kerja sama dengan universitas lain di luar negeri |
- Jumlah dosen berpendi dikan S3 |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
|
7. Sistem penjaminan mutu internal |
- Membuat pusat data akademik - Mengkompilasi dan meng-up-date dokumen pendukung untuk pengisian borang Akreditasi. |
- Membuat manual prosedur segala aktivitas manajemen yang dilaksanakan |
Membuat manual prosedur seluruh kegiatan |
70% |
80% |
100% |
100% |
100% |
100% |
8. Sistem manajemen |
Meningkatkan kualitas sistem manajemen melalui sentralisasi kebijakan dan desentralisasi pelaksanaan |
- Pelaksanaan di tingkat Departemen mengacu kepada Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) Departemen - Mensosialisasikan dan menerapkan manual prosedur dalam setiap kegiatan |
Tiap kegiatan memiliki manual prosedur |
70% |
80% |
100% |
100% |
100% |
100% |
9. Sistem pembiayaan 10. Peningkatan penulisan karya ilmiah |
- Meningkatkan kualitas pembiayaan melalui efisiensi, transparansi dan akuntabilitas anggaran - Membuat workshop secara berkala - Penelitian Payung - Road Map Penelitian - Kerjasama Riset |
- Penggunaan anggaran sesuai dengan perencanaan dan dilaporkan secara berkala dan akuntabel. -Membuat jadwal workshop secara berkala -Mensosialisasikan tentang penelitian payung terhadap peserta PPDS -Menyusun Road Map Penelitian Membuat MOU kerjasama riset dengan pihak lain |
Anggaran berimbang Produktivitas publikasi jurnal internasional dan nasional |
Sudah berjalan 3 jurnal |
Su dah berja lan 4 jurnal |
Sudah berjalan 5 jurnal |
Su dah berja lan 6 jurnal |
Sudah berja lan 7 jurnal |
Sudah ber jalan 8 jurnal |
11. Pengabdian masyarakat |
- Sosialisasi dan Promosi - Melaksanakan pengabdian masyarakat secara berkesinambu ngan |
- Membuat jadwal sosialisasi kegiatan - Menyusun kalender |
- Terlak sananya kegiatan pengab dian masyara kat secara rutin. - Terjalinnya Kerjasama (MOU) dengan pihak luar / swasta dalam kegiatan pengabdian masya rakat. |
2 kegiatan |
3 kegiat an |
4 kegiatan |
5 kegiatan |
6 kegiatan |
7 kegiatan |